Selasa, 01 Oktober 2013

Cara Membuat Stempel dari Karet Runaflek

 

 

 

Stempel Asli Bahan dari Karet Runaflek


Berikut Tutorial Singkat Cara Membuat Stampel dengan Bahan Runaflek

-) Bahan :
- Gambar dalam kertas kalkir
- Karet Runaflek
- Thinner A
- Bensin
- Kayu Stempel
- Double tip

-) Alat :
-Papan triplek atau kayu datar untuk Alas
- Kaca untuk tutup
- Sikat Gigi
- Gelas takaran
- Gelas / Mangkuk

- Buat design Stempel dengan program  apa saja yang anda bisa,
- Cetak hasil design dalam kertas kalkir kalau punya printer laser jet atau cetak dengan printer diskjet dengan kertas biasa lalu foto copy dalam kertas kalkir, atau langsung cetak dengan mika  (plastik transparan) yang khusus untuk mencetak dengan printer diskjet, banyak tersedia dipasaran,
-Syarat utama menggunakan mika begitu selesai proses ngeprint langsung dikeringkan, yang paling mudah menggunakan setrika dengan posisi mika dibawah setrika dengan jarak kira-kira 2 cm antara strika dengan mika film, 
- Siapkan papan triplek dan kaca pada tempat yang datar dan tertutup / gelap, pasang karet runaflek diatas papan tersebut dengan posisi karet sebagai berikut : 
gabus, karet dan paling atas mika, gabus bisa disimpan dan mika yang atas bisa dilepas dan nanti digantikan oleh kaca,
- Perhatikan posisi karet jangan sampai terbalik, posisi yang agak kaku ditaruh dibawah dan yang tadi ada dibawah mika ditaruh diatas.
- Taruh gambar yang ada dikertas kalkir tadi di atas karet runaflek dengan posisi terbalik, karena gambar nanti akan tercetak terbalik dan bila digunakan akan tercetak benar, tutup dengan kaca bening dan jemur/panaskan pada cuaca panas kurang lebih 15 - 20 menit.
- Siapkan Larutannya, larutan bensin dengan larutan thiner 1 : 1 dicampur dalam gelas setelah penjemuran usai angkatlah karet tersebut dan lepas kaca, gambar kalkir dari papan. 
- Ambil Karet tersebut dan gosoklah dengan sikat dengan menggunakan cairan larutan tadi pada bagian atas karet gosok terus sampai muncul gambar pada permukaan karet tersebut.
- Keringkan, lalu potong sesuai dengan bentuk dan ukuran stempel pasang karet tersebut dengan gabus yang telah disediakan tadi dengan menggunakan double tip setelah itu pasang gabus yang sudah tertempel dikaret tadi dengan kayu stempel dengan lem castol coba pada papan tatakan stempel. 
- Selesai dajn lihat karya stempel yang siap pakai,,

kurang lebih sperti ini hasilnya.

















itulah sidikit tutorial seputar Stempel  Karet Runaflek, Anda juga bisa kunjungi website kami di http//:www.printondemand.co.id


0 komentar:

Posting Komentar